FANDOM

Yaya
Karakter BoBoiBoy

Yaya

Yaya dalam BoBoiBoy Galaxy

Dia Yaya Perempuan Yang Baik Tetapi Dia Kembali Jahat Di Ujian KENTAL.

Penampilan
pertama
"The Rise Of BoBoiBoy"
Penampilan
terakhir
"Tiada"
Pemeran
suara
Nur Sarah Alisya Zainal Rashid (Bahasa Malaysia)
Fairuz Arfa Ariff Syah (Inggris Disney Channel dan YouTube)

Yaya adalah salah seorang teman seperjuangan BoBoiBoy yang menerima kuasa daripada Ochobot dan mendapat kekuatan untuk terbang dan memanipulasi gravitasi.

Selain dari seri BoBoiBoy, Yaya juga turut tampil dalam seri singkat berbentuk tauladan, yaitu Apa Kata Yaya sebagai karakter utama.

SejarahEdit

BoBoiBoyEdit

Yaya adalah orang pertama yang BoBoiBoy jumpa di Pulau Rintis Yaya adalah seorang yang sangat ramah dan juga tampak lemah-lembut dari luar, tapi sebenarnya dia sangat garang dan cepat naik marah.

Yaya memiliki daya super kuat yang datang dari Jam Kuasa; memungkinkan Yaya mengangkat objek-objek yang sangat berat, termasuk seekor gajah! Selain itu, Yaya juga dapat terbang dengan kekuatan gravitasi. Dengan kekuatan ini, Yaya berupaya untuk bertarung dengan musuh-musuhnya.

Seperti yang telah diceritakan oleh Gopal tentang "Garis Lintang Yaya" dalam Musim 2, Episode 5, Yaya memiliki perbezaaan antara "keayuan comel molek" dan "ketegasan singa garang". Ketika Yaya tidak melewati garis pagar sekolah, dia terlihat lemah-lembut seperti ayu cantik molek, tetapi jika Yaya langkah melewati garis pagar sekolah, sifatnya berubah menjadi garang seperti ketegasan singa garang yang tidak langsung tidak memberikan kesempatan.

Di Sekolah Rendah Pulau Rintis, Yaya memegang jawatan yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh prestasi akademik dan bukan akademiknya yang sangat cemerlang. Di ujung sudut kaki lima sekolahnya, terdapat Dinding Kejayaan yang menyatakan setiap jabatan yang dipegang olehnya. Gopal juga ada menjelaskan tentang hal ini kepada BoBoiBoy dan Yaya. Dapat dikatakan, Yaya menjabat kesemua presiden asosiasi dan klub sekolah. Yaya juga merupakan siswa yang paling dicintai di abad ini (abad dalam seri BoBoiBoy pada musim ke-2).

BoBoiBoy GalaxyEdit

Yaya kembali dalam BoBoiBoy Galaxy sebagai salah seorang anggota tim TAPOPS. Dia dan Ying kembali dari liburan tepat waktu untuk bergabung petualangan BoBoiBoy di seluruh galaksi. Yaya dan Ying bergabung tim TAPOPS dan memegang pangkat Lans Koperal.

PenampilanEdit

Yaya sering berpakaian serba merah muda. Bajunya berlengan merah muda yang panjang, bergaris putih dan merah muda yang vertikal. Di atas bajunya, dia memakai anak baju yang berwarna kuning dan berlukisan bunga merah tersenyum. Yaya memakai jilbab merah muda yang berbunga kuning, memiliki tanda berbentuk mulut di bagian tepi atas kepalanya, dan beralaskan sepasang gogel. Dia juga bercelana merah pulasan.

Pada musim ke-2, gayanya tidak banyak berubah tetapi dia memakai pin tudung berbentuk bunga di tepi tutupnya. Dia memakai sabuk berkepit, tutupnya telah dimodifikasi sedikit. Poligon Yaya semakin banyak dan membuat karakternya semakin lembut. Sepatunya juga telah dimodifikasi sedikit.

Pada musim ke-3 pula, dia tidak lagi memakai pin jilbab di tepi tetapi sebaliknya di tepi gogelnya dan memakai gogel merah muda. Tudung Yaya pula berada di luar bajunya seperti selendang pendek dan lengan bajunya semakin singkat. Yaya juga memakai sepatu merah muda dan sedikit kelabu. Poligon Yaya juga semakin bertambah sejak musim ke-2.

Berdasarkan konsep asli, Yaya tidak bertudung penuh, sebaliknya memakai syal kepala (yang juga bergogel) dan rentan rambut jambul pepat di depan dan ekor kuda di belakang. Bajunya berwarna merah terang dan kuning tapi sepatunya tetap sama seperti sepatunya pada musim pertama.

KepribadianEdit

Yaya adalah seorang gadis yang manis, mesra dan ceria, tetapi mudah kecil hati. Dia juga seorang budak perempuan yang prihatin dan selalu memberi nasihat kepada kawan-kawannya dan orang lain tidak kira dalam apa-apa situasi pun. Dia juga suka menolong orang dan tidak suka apabila kawan-kawannya menolak pertolongannya. Yang paling kurang menyenangkan orang, Yaya suka membuat biskut tetapi biskut-biskut yang dibuatnya tidak sedap dimakan. Walaupun begitu, kawan-kawannya tidak wajar membidas ketidaksedapan biskut Yaya supaya Yaya tidak naik berang, tambahan lagi selepas dia mendapat kuasa yang kuat daripada Ochobot.

Sebagai ketua kelas di sekolah, Yaya menunjukkan sikap tegasnya tanpa rasa takut atau berat sebelah dalam mendenda pelajar yang melanggar peraturan disiplin sekolah, baik pelajar biasa ataupun kawan baiknya sendiri. Dia juga tidak akan mengaku kalah dalam persaingannya terhadap Ying untuk mendapat nombor satu dalam setiap ujian dan peperiksaan.

KekuatanEdit

Awalnya, Yaya menganggap kuasanya adalah terbang dan super kuat seperti yang diberitahu oleh Ochobot dalam musim pertama. Tapi, dalam BoBoiBoy vs Ejo Jo Bagian 1, Ejo Jo menunjukkan potensi nyata dan Yaya yang menyaksikannya mengetahui bahwa kekuatannya yang nyata adalah memanipulasi gravitasi. Untuk menggunakan kekuatan ini, Yaya harus mengumpulkan kekuatan gravitasi, dan kemudian melepaskannya dengan cepat untuk menghasilkan pukulan yang kuat. Ini juga menjadikan Yaya sebagai seorang yang "super kuat". Kuasa manipulasi gravitasi ini juga memungkinkan Yaya untuk terbang.

Tahap 1Edit

  • Kelajuan Super Sonic: Yaya menambahkan kekuatan gravitasi untuk terbang dengan lebih laju.
  • Tumbukan Padu: Yaya mengumpulkan kekuatan gravitasi di tangannya lalu melepaskan daya gravitasinya dengan meninju musuhnya.
    • Tumbukan Super Padu: Tingkatan daya bagi Tumbukan Padu yang dua kali lipat lebih padu.
    • Tumbukan Padu, Bertubi-tubi: Kuasa tingkatan bagi tumbukan Padu yang memungkinkan Yaya meninju secara bertubi-tubi.
  • Tumbukan Padu Maksima: Kuasa yang lebih kuat dari tumbukan Padu yang biasa. Dengan hanya sekali pukulan, Yaya bisa meninju musuh dengan kuat sehingga musuh jauh terpelanting ke belakang. Serangan ini digunakan dalam BoBoiBoy: The Movie.
  • Tendangan Super Kuat: Dengan menambahkan daya gravitasi pada kakinya, Yaya mampu menendang objek dengan lebih kuat dan laju.
  • Kuasa Pemberat Gravitasi/Gravitasi Pemberat: Yaya menggunakan kekuatan gravitasi untuk membuat objek lebih berat dengan kuasanya.
  • Kuasa Gravitasi: Yaya menghasilkan bola gravitasi yang memungkinkannya mengurung musuhnya dalam lingkup tersebut dan memanipulasikannya samada meringankannya maupun memberatkannya untuk menyiksa musuh.
  • Kuasa Angkatan Gravitasi: Yaya membelenggu tubuh musuhnya dengan kekuatan gravitasi lalu menggunakannya untuk mengangkat musuh yang lebih berat dari itu.
  • Tumbukan Bertubi-tubi: Yaya mengumpulkan kekuatan gravitasi di tangannya lalu meninju musuhnya secara bertubi-tubi.

Tahap 2Edit

Setelah Yaya mendapat energi terakhir yang disalurkan oleh Ochobot dalam BoBoiBoy: The Movie, secara tidak langsung kuasa Yaya meningkat ke tingkat kedua. Tahap kedua kuasanya ini memungkinkan dia mengangkat barang-barang yang lebih berat dan mengurangi keberatan sesuatu benda dengan daya gravitasinya. Sebagai contoh, sebelumnya Yaya hanya bisa mengangkat gajah, mobil dan perahu. Tapi kini Yaya dapat mengangkat bangunan-bangunan besar, kapal-kapal dan benda-benda lain lagi yang lebih besar. Dengan kemampuan ini, secara tidak langsung dapat memberikan kepada Yaya kekuatan untuk menyerang musuhnya dengan lebih kuat.

  • Hempasan Gravitasi Maksima: Setelah mendapat tingkatan daya dari Ochobot, Yaya menyelubungi musuhya dengan daya gravitasinya lalu di angkat ke atas sebelum dihempaskannya dengan kecepatan maksimal ke bawah tanah.

Kekuatan GalaxyEdit

  • Apung Gravitasi/Daya Apung Gravitasi (Apungan Graviti): Digunakan untuk mengapungkan obyek di udara.
  • Hempasan Graviti: Yaya menyelubungi musuhya dengan daya gravitasinya lalu di angkat ke atas sebelum dihempaskannya dengan kecepatan normal ke bawah tanah.

TriviaEdit

  • Jenis darah Yaya ialah A.
  • Yaya suka eksperimen dengan berbagai resep biskuit, tetapi dia tidak pernah merasa biskutnya sendiri.
  • Dalam Buku Detektif Yaya 1, Suzy mengungkapkan bahwa dia adalah penggemar setia Yaya.
  • Menurut surat penggemar BoBoiBoy, genre favorit Yaya adalah aksi.
  • Di Sekolah Rendah Pulau Rintis, Yaya menjabat sebagai ketua kelas 5 Jujur sementara jabatan Asisten Kepala Kelas dipegang oleh Gopal.
  • Dalam versi alih suara bahasa Inggris di YouTube, nama Yaya ditukar ke "Hanna". Tidak ada alasan yang jelas diberikan atas hal ini.

GaleriEdit

Wiki-wordmark
BoBoiBoy Wiki memiliki gambar dan media yang terkait dengan Yaya.

VideoEdit

Meet Yaya!00:31

Meet Yaya!

NavigasiEdit

Karakter-karakter
BoBoiBoy - Yaya - Ying - Gopal - Adu Du - Probe - Komputer - Ochobot - Pak Kumar - Tok Aba - Multi-Monster - Raksasa Tidur - Fang - Bago Go - Ejo Jo

Also on FANDOM

Random Wiki